30 Dis 2009

Gus Dur Kembali Ke Rahmatullah

Mantan Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid pada 1999-2001 atau dikenali Gus Dur meninggal dunia pukul 6.45 petang tadi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Gus Dur yang juga mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini dirawat di RSCM sejak Rabu petang.

Sebelum dirawat di RSCM Jakarta, Gus Dur sempat menjalani perawatan medis di RS Jombang Jawa Timur minggu lalu karena kelelahan setelah melakukan kunjungan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur.

Wartawan BBC, Heyder Affan, yang berada di RSCM mengatakan para pejabat negara diantaranya Menko Kesra Agung Laksono, para aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat dan berbagai tokoh masyarakat tampak melayat ke RSCM.

"Gus Dur telah membawa NU ke cakrawala yang lebih luas, baik di tingkat pemikiran maupun pergaulan, memperkenalkan erti pluralisme," kata Yahya Cholil Staquf, jurubicara sewaktu Gus Dur menjabat sebagai presiden, memberikan komen peranan Gus Dur di dalam organisasi terbesar Islam di Indonesia itu.

Gus Dur lahir di Denanyar, Jombang, 4 Agustus 1940, menempuh pendidikan di Universiti Al Azhar di Kairo, Mesir serta Fakulti Sastra, Universiti Baghdad, Irak.

Gus Dur dikenal sebagai seorang intelektual Muslim yang toleran, dan dekat dengan berbagai kalangan non-Muslim dan dilihat sebagai tokoh pluralis Indonesia.

Gus Dur meninggalkan seorang isteri dan empat anak perempuan.

Ulasan GB
Al-fatihah untuk Allayarham Abdurrahman Wahid.

p/s Aduka Taruna tersilap mentafsir mimpi. Bukan tokoh gerakan Islam Malaysia meninggal tetapi tokoh gerakan Islam Indonesia yang meninggal.

9 ulasan:

Amri Mat Saaid berkata...

tokoh JIL dan pluralisme - Islam Liberal

Tanpa Nama berkata...

Mohon penjelasan ada siaran You Tube menyatakan Gus Dur telah bertukar Ugama.

sb dehlawi berkata...

cikgu greenboc, boleh minta tunjuk ajar tak?...saya buat blog & berjaya. masalahnya blog saya tak boleh buka... perpuluh kali saya cuba tak tak boleh. apa masalahnya. diharap tolong ajar....terima kasih

Unknown berkata...

anon 10.35

saya ingin memetik komen zack di mahaguru58

Kalau dilihat ketiga tiga video tersebut, ia tidak menunjukkan Gus Dur telah murtad. Beliau hanya menghadiri upacara keagamaan orang kristian. Di Indonesia fahaman agama sangatlah berbeza dengan fahaman kita. Disana mereka lebih 'toleran' terhadap agama agama lain, hanya sedikit sahaja yang dikatakan ektremis. Upacara itu bukan baptism, tapi Gus Dur di'doa'kan oleh mereka sahaja. Ia tidaklah memurtadkan. Saya rasa perkataan murtad wajarkan digunakan secara berhati hati. Wallahualam.

Unknown berkata...

sb dehlawi

email kepada saya url blog.
mungkin theme tak sesuai

sb dehlawi berkata...

http://selisbuduri.blogspot.com

Unknown berkata...

saya masuk ok. cuma belum ada posting. teruskan ...

sb dehlawi berkata...

tak boleh juga la...apa-apapun terima kasih banyak greenboc..Esok kawe try lagi...

Tanpa Nama berkata...

seluruh warga indonesia sdh tau bahwa dia seorang pemimpin yg teruk